Wednesday, March 19, 2014

Dinkes Lumajang Peduli ASI

Dinas Kesehatan Kab. Lumajang peduli ASI dengan Fasilitas Ruang ASI


Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik dan alamiah untuk bayi. Menyusui merupakan suatu proses alamiah, namun sering ibu-ibu tidak berhasil menyusui atau menghentikan menyusui lebih dini dari yang semestinya. Penyebabnya antara lain ibu merasa ASI-nya tidak cukup atau ASI tidak keluar pada hari pertama.

Keadaan ini terjadi bukan karena ibu tidak memproduksi ASI yang cukup melainkan karena ibu kurang percaya diri dan belum mengetahui cara-cara menyusui yang baik danbenar. Cakupan pemberian ASI Eksklusif di Kabupaten Lumajang tahun 2012 pada sebesar 45%, hal ini menunjukkan cakupan tersebut masih di bawah target yang telah ditetapkan sebagai mana SPM yaitu sebesar 80%.
Guna mendukung keberhasilan program pencapain ASI esklusif, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No 33 tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif.

Peraturan pemerintah ini dilahirkan guna menjamin pemenuhan hak bayi untuk mendapatkan sumber makanan terbaik sejak dilahirkan sampai berusia 6 bulan Di samping itu, kebijakan ini juga untuk melindungi ibu dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Di dalam peraturan tersebut dibahas mengenai Program Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan ASI Eksklusif, pengaturan penggunaan susu formula dan produk bayi lainnya, sarana menyusui di tempat kerja dan sarana umum lainnya.
Keberhasilan seorang ibu dalam menyusui bayinya secara ekslusif dipengaruhi oleh kepercayaan ibu bahwa asinya cukup memenuhi kebutuhan bayinya, dukungan keluarga terutama suami dan orangtua serta provider petugas kesehatan itu sendiri

Asi merupakan anugerah terindah bagi seorang bayi dan menyusui adalah merupaka kesempatan yang luarbiasa bagi seorang ibu. Dengan ASI anak menjadi sehat dan cerdas serta Asi untuk buah hati adalah investasi masa depan. Oleh karenannya marilah kita bersama-sama untuk memberi dukungan pada ibu-ibu yang memberikan asinya.

Guna mendukung keberhasilan program asi ekslusif di kabupaten Lumajang, Dinas kesehatan memberikan dukungan dengan menyediakan ruang menyusui/ruang untuk memerah asi bagi ibu-ibu/karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.

Dalam rangka pekan asi sedunia awal agustus 2013 sebagai penghargaan kepada teman-teman karyawati yang telah memanfaatkan ruang menyusui dengan sebaik-baiknya, maka sebagai apresiasi telah disematkan pin Ibu ASI bagi mereka dan tali asih dari Kepala DInas Kesehatan kabupaten Lumajang karena dengan semangatnya yang luar biasa masih terus memberikan ASI kepada bayinya secara ekslusif. Wujud terimakasih kepada konselor ASI juga telah disematkan PIN Konselor ASI dan tali asih kepada 2 orang konselor ASI yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes